banner 728x250

SMAN 1 Gegesik Melaksanakan Disertasi Penelitian Ilmiah Di Desa Kaduela Kuningan Jawa Barat.

Penulis :Smangges Editor : Pram

banner 120x600
banner 468x60

Jabar: Cirebon – pantauindonesianews.com
SMAN 1 Gegesik Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan DISERTASI (Dedikasi Siswa Melalui Riset dan Eksplorasi) di desa Kaduela, kecamatan Pasawahan, kabupaten Kuningan. Kolaborasi dengan BUMDES “Arya Kemuning” desa Kaduela menjadi kunci sukses kegiatan ini yang dilaksanakan pada 6 – 8 Mei 2024.

Dalam DISERTASI, peserta didik diarahkan untuk menjalankan penelitian di desa Kaduela dengan berbagai objek penelitian. Tujuannya tidak hanya memperoleh keterampilan menulis karya ilmiah, tetapi juga melatih kerjasama dan kolaborasi dalam kelompok. Berbagai agenda pun dihadirkan, termasuk penelitian sosial, kerjabakti sosial, dan pentas seni dalam acara “Makrab” (malam keakraban).

Kepala SMAN 1 Gegesik, Dr. Rasto,S.Pd.,M.Pd, dalam wawancaranya menyatakan, “DISERTASI merupakan langkah nyata untuk melatih siswa dalam melakukan riset yang mendalam serta mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan nyata.”

Iim Ibrahim, Dirut BUMDES, menambahkan, “Kolaborasi dengan sekolah merupakan peluang besar untuk mengembangkan potensi lokal dan memberdayakan masyarakat desa.”

Kepala Desa Kaduela, H. Toyib, menyambut baik kegiatan ini, “Partisipasi siswa dalam riset dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan desa serta memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat.”

Kapolsek Pasawahan, Iptu Enang Kurnia, menyoroti pentingnya kerjasama antara sekolah dan pihak kepolisian, “Melalui kegiatan seperti ini, kita dapat membentuk generasi muda yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi.”

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memenuhi tugas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan mengadakan gerakan menanam 200 bibit tanaman. Inisiatif ini tidak hanya berdampak positif pada lingkungan tetapi juga menggugah kesadaran akan keberlanjutan hidup.

DISERTASI tidak hanya menjadi wadah untuk pengembangan akademik, tetapi juga mengukuhkan komitmen siswa dalam menjalankan nilai-nilai Pancasila dan menjaga lingkungan.
(Red-pin001))

Tinggalkan Balasan