banner 728x250

Selamat Hari Pers Nasional 2023 Jayalah Pers Nasional Indonesia ” Pers Bebas Demokrasi Bermartabat “

banner 120x600
banner 468x60

Pantauindonesianews.com | Kota Depok – Dengan Mengusung Tema ” Pers Bebas Demokrasi Bermartabat ” yang merupakan tema  Hari Pers Nasional 2023, maka insan pers memiliki kebebasan secara bermartabat dalam menyampaikan gagasan, ide, untuk dipublikasi.

Bukan Hanya berbicara soal kebebasan Pers tetapi yang terpenting adalah pemberitaan yang bertanggungjawab dengan menggunakan prinsip-prinsip kode etik jurnalistik yang baik dan telah dikonfirmasi kebenarannya. Demikian harapan Pemerintah Kota Depok, yang disampaikan oleh Kadis Kominfo Usman.

Ketua DPC IPJI Kota Depok Anis Muriany selaku Ketua Pelaksana HPN 2023, Tonny Sekber Wartawan Indonesia Sebagai Sekretaris bersama Organisasi Wartawan lainnya Gelar HPN 2023 di Balai Rakyat Sukmajaya, Kota Depok. Selasa (28/02/23)

Ketua Pelaksana HPN 2023 Anis Muriany dalam sambutan menyampaikan, bahwa terselenggaranya HPN 2023 di Balai Rakyat, Sukmajaya, Kota Depok, atas kerjasa sama organisasi Wartawan, tidak terlepas dari peran serta rekan-rekan  Pers yang kesehariannya melaksanakan peliputan di Wilayah Kota Depok, Khususnya di Area Instansi Pemerintah.

Tambahnya lagi, “ Saya sangat berterima kasih, kepada rekan-rekan Pers yang telah membantu dapat terselenggaranya acara ini, pada kesempatan ini saya berharap, agar Pers semakin kuat dan lebih Profesional dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis, hindari penyajian berita Hoax, “ ujar pria yang biasa dikalangan wartawan disebut Bung Anis.

Hanis juga mengajak tamu yang hadir untuk mengheningkan cipta sejenak demi nengenang dan memberi doa kepada rekan-rekan media yang gugur disaat menunaikan tugasnya sebagai jurnalis.

Sementara Dalam sambutannya Walikota Depok yang diwakili Kadiskominfo Kota Depok, Usman mengatakan Hari Pers Nasional mempunyai makna tersendiri bagi kalangan pers, khususnya di Kota Depok, yakni menjadi sarana refleksi dan intropeksi perwujudan kebebasan pers yang sebenarnya.

“Dengan demikian, pers sebagai lembaga sosial dan wahana komunikasi massa, mempunyai peran strategis dalam pembangunan bangsa khususnya Kota Depok. Maka sudah selayaknya pers bisa menjadi mitra pemerintah sekaligus menjalankan fungsi kontrol yang sangat efektif dalam mengawal pembangunan, “ujar Usman mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjend Sekber Wartawan Indonesia Herry Budiman menyampaikan , “ Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat mengingatkan kita tentang pentingnya kebebasan pers di sebuah negara yang menganut asas demokrasi,tanpa pers yang bebas – dalam arti bertanggungjawab  demokrasi yang bermartabat,” Papar Herry Budiman Sekjend Sekber Wartawan Indonesia.

Lanjut Herry, “ Kita berharap tentu tidak akan tumbuh dengan baik jikalau tidak ada kebebasan dalam melakukan control, sebab wartawan memiliki peran penting dalam menegakkan nilai-nilai demokrasi.

Ir.Hja. Eni Sumarni M.Kes Anggota DPD Provinsi Jawa Barat menyampaikan, “ Saya sangat mengapresiasi acara ini, Selamat dan Sukses kepada rekan-rekan Insan Pers yang selalu Solid dalam bertugas, Jadilah penyejuk informasi tuk masyarakat, Pers selalu menyajikan pemberitaan yang bermutu, sukses Hari Pers Nasional,” papar Ibu Eni sangat Antusias.

Acara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Insan Pers yang sangat berperan aktif hingga saat ini, juga kepada Ormas serta LSM yang turut mendukung dalam pelaksanaan acara HPN 2023.

Tinggalkan Balasan