banner 728x250
Daerah  

Resiliensi, Kolaborasi Dan Berkelanjutan, Jadi Tema Utama Dalam Rakerda DPD SWI Kota Depok

banner 120x600
banner 468x60

BOGOR, pantauindonesianews.com – Resiliensi, Kolaborasi Dan Berkelanjutan, merupakan tema yang diusung kali ini, dalam rangka pelaksanaan Rapat Kerja Daerah ( Rakerda ) ke VI tahun 2023, sekaligus HUT ke 5 Ngopi Bareng yang juga merupakan icon Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok secara Nasional.

Adapun Kepanitiaan terselenggaranya Rakerda DPD SWI Kota Depok ke VI tahun 2023, telah dibentuk bulan lalu ini, sebagai Ketua Panitia Pelaksana Tony Yusep, Sekretaris Aldimas Pramudya dan Bendahara Novi dengan memilih tempat lokasi kegiatan di Villa Ubersam Contagge Cisarua Kabupaten Bogor pada (13 – 14/12/2023).

Turut hadir dalam agenda tersebut dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) SWI dengan kapasitasnya sebagai peninjau, Sekjend SWI Herry Budiman yang juga sekaligus sebagai Pembina DPD SWI Kota Depok, Kabid Humas DPP SWI Hendra Gunawan, Kabid Hubal Arif Ramdhani, Kabid Pemberdayaan Perempuan Maya Aprilia dan Bendum Anwar Nurdin.

Setelah para Pengurus dan anggota peserta Rakerda ke VI tahun 2023 mempersiapkan diri, acara dibuka secara simbolis oleh Bendum DPP SWI Anwar Nurdin yang dimulai pukul 16.00 wib.

Dalam sambutan diawali oleh Ketua Panitia Pelaksana Tony Yusef, dilanjutkan oleh Ketua DPD SWI Kota Depok Dindin Syarifuddin.

“Rakerda tahun 2023 ini, kami akan mengevaluasi sekaligus menyusun program kerja yang akan dilakukan kedepannya.

Lebihlanjut Dindin Styarifuddin menambahkan, sesuai tema yang yang diusung kali ini yakni Resiliensi, Kolaborasu dan Berkelanjutan, dengan Rakerda tahun 2023 ini, maka kedepan kami akan berupaya dan mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan menitikberatkan pada Progres dari Divisinya masing-masing, agar sejumlah program kerja yang telah tersusun dapat ditindaklanjuti dan terlaksana dengan baik,”papar Ketua DPD SWI Kota Depok Dindin Syarifyddin.

Sementara Pembina DPD SWI Kota Depok Herry Budiman, pada kesempatan itu dalam sambutannya menekankan, tema Resiliensi, Kolaborasi dan Berkelanjutan adalah menunjukkan bahwa DPD SWI Kota Depok adalah sebuah Organisasi Profesi Kewartawanan yang ingin maju, untuk itu harus peka terhadap sendi-sendi kehidupan dunia Kewartawanan yaitu harus mampu menggali segala aspek dan bentuk informasi yang sifatnya untuk memajukan Organisasi dan dedikasi serta kualitas sumber daya manusianya.

“Cari dan gali informasi diluar Organisasi lalu beradaptasi dengan segala informasi itu, semisal Dewan Pers sedang mengadakan Uji Kopetensi Wartawan ( UKW), DPD SWI Kota Depok harus turut dalam kepesertaan tersebut dan disampaikan kepada anggotanya.

Nah, hal yang demikian itu adalah bagian dari Resiliensi.

Sedangkan Kolaborasi, bahwa Kolaborasi tidak sama dengan Sinergi atau kerjasama.

Menurut Herry, kolaborasi internal untuk masing-masing individu dan antar bidang dengan program kerja yang ada, harus lebih diutamakan, lalu setelah kolaborasi internal barulah menjalankan sinergi dengan eksternal atau pihak luar.

Lebihlanjut Herry mengatakan, ibarat seperti halnya sepiring nasi goreng, ada cabe, bawang, tomat dan lainnya, lalu disatupadukan agar jadi nasi goreng dan siap saji dengan rasa yang sesuai.

Terkait sinergi, dimana DPD SWI Kota Depok harus mempertahankan satu yang menonjol sinergi kerjasama yang bersyarat, maka sustanability bagian dari hal yang harus dipertahankan.

Diharapkan kedepannya agar DPD SWI Kota Depok, menjadi sebuah Organisasi yang dikenal secara Nasional dengan salah satu programnya yaitu ” Ngopi Bareng” yang menjadi icon dari DPD SWI Kota Depok dan dapat diadopsi oleh saudara-saudara kita DPW maupun DPD-DPD SWI di Daerah lainnya, program tersebut harus dapat dilaksanakan minimalnya satu bulan sekali.

Paradigmanya harus kita ubah, tidak mesti harus pejabat, komunitas dan lembaga kemasyarakatan juga bisa, kita buat dan satukan topik untuk dapat digelar,” beber Pembina DPD SWI Kota Depok Herry Budiman.

Acara Rakerda tersebut nampak cukup seru, berbagai argumentasi yang dilontarkan oleh para peserta dalam Rakerda DPD SWI Kota Depok dan ditutup pukul 23.00 wib hingga dilanjutkan esok kamis 14/12/2023 yang dimulai pukul 09.00 wib sampai dengan selesai.

Tinggalkan Balasan