banner 728x250

PAUD HIKMATUL HIDAYAH Tingkatkan Standar Layanan Dengan Akreditasi BAN PAUD-PNF

banner 120x600
banner 468x60

BOGOR | pantauindonesianews.com |  – Akreditasi PAUD dan PNF adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan. Salah satu tujuan akreditasi adalah meningkatkan Mutu Lembaga baik Kualitas maupun Kwantitas Lembaga.

 

Akreditasi harus memenuhi 8 Standar Nasional.  8 Standar Nasional PAUD meliputi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan.

Asesor Visitasi Akreditasi  Paud PNF di Paud Hikmatul Hidayah yaitu, DR. Rina Syafrida , S.Pd.,M.Pd dan H. Hasan, S.Pd.I, MA.

Kedua asesor tiba di Paud Hikmatul Hidayah  disambut oleh Kepala Sekolah Nining Yuningsih, S.Pd,  Ketua Gugus Maryati, S.Pd, Para Kepala Sekolah Paud terdekat, Dewan Guru dan para peserta didik.

Setelah sesi penyambutan dan pembukaan, salah satu asesor menyerahkan berita acara kegiatan kepada Kepala Sekolah  dan dilanjut sesi foto bersama.

Tim Asesor bersama guru pengajar

“Kami mengikuti akreditasi BAN PAUD-PNF bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di sini, sekaligus mendapatkan nilai akreditasi BAIK,   ucap Nining Yuningsih saat pembukaan “.

Asesor melakukan observasi aktivitas pembelajaran baik indoor maupun outdoor. Setiap kegiatan anak didik bersama guru untuk meningkatkan motorik halus dan motorik kasar diobservasi dan diambil untuk selanjutnya didokumentasikan oleh kedua asesor.

Asesor menjalankan Tugas Pokok dan Funsinya dengan baik dalam mengemban Tugas Negara.

Sesi selanjutnya adalah wawancara dan pengecekan bukti dokumen perencanaan pembelajaran.

Suasana kegiatan berjalan dengan baik dan komunikatif lancar tanpa kendala, kegiatan visitasi ditutup dengan penuh Akraban dan kegembiraan.

Saat penutupan kedua asesor menyampaikan beberapa hal penting, seperti kepada para guru hendaknya menjaga kekompokan untuk terus meningkatkan pelayanan pendidikan.

“Kunci untuk meningkatkan kualitas lembaga ini ialah meningkatkan kaualitas SDM dan managemen. Diharapkan itu semua di guru harus kompak dan solid,” ucap asesor

Selain itu, guru-guru hendaknya menjadikan pengalaman ini sebagai inspirasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Sebaiknya guru menimba pengalaman asesor untuk terus berkarya dalam mendidik,” tambah asesor.

Pendidikan Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi pertama untuk membangun suatu tatanan generasi yang baru, sebab pada usia PAUD merupakan masa-masa emas (Golden Age) bagi proses pembangunan  kualitas manusia Indonesia yang andal.

Rina Syafrida, S.Pd.,M.Pd mengatakan Akreditasi merupakan syarat mutlak bagi sekolah berbagai jenjang termasuk lembaga PAUD sebagai bentuk legalitas dan jaminan mutu pendidikan.

Akreditasi yang baik juga dapat menjadi jaminan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan layanan pendidikan di sekolah.

Hal tersebut disampaikan saat akreditasi di Sekolah PAUD Hikmatul Hidayah dengan alamat Kp.PAJAGAN RT 01 RW 07 Desa Cibunian, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor Prov. Jawa Barat,

Kepala Sekolah Pimpinan Nining Yuningsih, Jumlah Murid 87 Orang , Jumlah Pengajar 4 Orang berdiri sejak tahun 2011.

Dengan adanya Akreditasi ini diharapkan kualitas Lembaga PAUD Hikmatul Hidayah benar-benar lebih meningkat lagi supaya Standar Penididkan Nasional bisa tercapai.

Penilik Kecamatan Pamijahan  H. Asep Hidayat S.Pd, MM menambahkan , “  Akreditasi saat ini menjadi salah satu parameter penilaian bagaimana pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini.

Tambahnya lagi , “ Kunci 5si (1. Visi Misi, 2. Administrasi, 3. Tupoksi, 4. Transparansi dan 5. Kordinasi) cukup baik dilaksanakan di PAUD Hikmatul Hidayah./hdr

 

Tinggalkan Balasan